Probolinggo-ku

Haiiii, ketemu lagi yaa kitaa. Kali ini aku akan membahas tentang daerah asalku, yaitu Probolinggo kalo disingkat jadi PBL ato PRB hohoo.  Lebih detailnya sih aku tinggal di desa Asembagus kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo.

Penduduk Probolinggo sebagian besar adalah Suku Madura dan Suku Jawa, meskipun saling bertolak belakang, tetapi masyarakat disini sangat rukun. #berbedatetapsatujuaeaeaeaea

Sejak digulirkannya Undang-undang No. 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah, maka perkembangan di Probolinggo semakin cepat dan pesat, dimana Kota Probolinggo telah mampu berdiri sebagai Kota Madya dengan Ibu Kota Probolinggo, sedangkan Kabupaten Probolinggo yang semula ikon ibu kotanya adalah Probolinggo, kini harus bergeser dengan membentuk ibu kota sendiri yakni Kraksaan sebagai ibu kota kabupatennya.

Penduduk kabupaten Probolinggo mayoritas beragama Islam, dan pekerjaan masyarakat disini sebagian besar adalah Agraris. Wilayah Kabupaten Probolinggo adalah daerah pantai yang sangat asri seperti Kecamatan Tongas, Sumberasih, Dringu, Pajarakan, Kraksaan, Paiton dan terdapat Wisata Pantai Pasir Putih dengan Panorama Ikan dan Trumbu Karang. Sedangkan daerah pegunungan berpotensi untuk pengembangan sektor perkebunan dengan berbagai komoditinya.

Bicara soal Probolinggo,Probolinggo adalah salah satu daerah yang masih kental akan budaya nya. Contoh seni budaya yang terdapat di Probolinggo di antaranya Kerapan Sapi, Kuda Kencak, Tari Glipang dan Tari Slempang, dan Tari Pangore.

Kerapan Sapi

Karapan sapi merupakan istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Pulau MaduraJawa Timur. Pada perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu (tempat joki berdiri dan mengendalikan pasangan sapi tersebut) dipacu dalam lomba adu cepat melawan pasangan-pasangan sapi lain.

800px-Madura_bull_racing_1999-cropped

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Karapan_sapiKuda Kencak

Tari Glipang

Tarian tradisional satu ini merupakan hasil perpaduan antara budaya Islam dan Jawa di Probolinggo, Jawa Timur. Namanya adalah Tari Glipang.

dispendik gelar lomba tari glipang tingkat pelajar sd

Apakah Tari Glipang itu?

Tari Glipang adalah tarian tradisional dari Probolinggo, Jawa Timur, yang menggambarkan kehidupan masyarakat sehari – hari. Tarian ini merupakan tarian perpaduan budaya Islam dan budaya Jawa yang di kemas menjadi sebuah tarian. Tarian ini merupakan salah satu tarian yang terkenal di Jawa Timur dan menjadi kebanggaan masyarakatProbolinggo.

Sumber : http://www.negerikuindonesia.com/2015/08/tari-glipang-kesenian-tradisional-dari.html

Ludruk

Ludruk merupakan suatu bentuk pementasan drama kehidupan yang disajikan dengan pendekatan kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa Timur pada umumnya. Ludruk tumbuh dan berkembang hamper disemua daerah di Jawa Timur bagian Timur termasuk di daerah Probolinggo. Tampilan ludruk khas Probolonggo memiliki perbedaan dengan ludruk-ludruk lainnya, yakni pada bahasa yang dipakai Ludruk Probolinggo menggunakan bahasa Jawa Ngoko yang di campur dengan bahasa Madura Pesisiran, baik dalam bentuk kidungan maupun dialog para pemainnya.

dekapro tampilkan pentas seni ludruk

Sumber foto : http://www.probolinggokab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1932:dekapro-tampilkan-ludruk-cinta-family&catid=87:kemasyarakatan

Petik Laut

Petik Laut merupakan lomba balap perahu yang di adakan pada tanggal 15 bulan Sya’ban (15 hari sebelum puasa). Tradisi ini berasal dari masyarakat yang bertujuan untuk menyambut hadirnya bulan puasa.

????????????????????????????????????

Sumber: http://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?52718-Petik-Laut-Ceremony

Setelah kita bicara Budaya yang ada di Probolinggo-ku tercinta dan tersayang, kali ini lanjut ke kuliner *siap2 nadah in iler yap*

Nasi Glepungan.

Namanya cukup aneh, tapi rasanya uueennaak. Nasi Glepungan biasanya terdiri dari ikan asin, lalapan, sambal pedas, nasi glepungan (sari-sari jagung), sayur kelor, tempe dan tahu penyet.

Nasi-Glepungan

Sumber : http://dunia-wisata.net/5-makanan-khas-probolinggo-jawa-timur/nasi-glepungan/

Sirup Pokak

Keistimewaan dari sirup Pokak tanpa bahan pengawet, bahan seperti untuk membuat pokak itu alami, mudah untuk didapat, di pasar juga ada, di swalayan juga bisa. Tapi tidak bisa tahan lama, karena buatnya tidak pakai pengawet. Lamanya hanya bertahan 1 minggu. Khasiat sirup pokak adalah dapat menghangatkan badan, meredakan sakit tenggorokan, juga dapat diminum dengan es

sirup_pokak

Sumber : https://siruppokak.wordpress.com/sirup/sirup-pokak/

Mangga dan Anggur Probolinggo

Hampir semua orang mengenal mangga Probolinggo, rasanya manis dan segar. Saat musim mangga bulan Mei-Oktober, mangga Probolinggo akan membanjiri pasar hingga ke kota-kota besar seperti Jakarta. Di luar Probolinggo harganya agak sedikit mahal ini karena ongkos kirim dibebankan pada pembeli, sedangkan di Probolinggo sendiri harganya murah sehingga banyak yang membawanya sebagai oleh-oleh. Terdapat 12 kecamatan sebagai sentra mangga antara lain di Kecamatan Tongas, Pakuniran, Gading, Maron, Banyuanyar, Besuk, Wonomerto, Paiton, Leces, Kota Anyar, Tegal Silwan dan Krejengan. Varietas mangga yang dikembangkan antara lain Arumanis dan Manalagi. Mangga Probolinggo terutama varietas Arumanis sangat populer dan sudah dipasarkan di dalam negeri maupun di pasar internasional seperti Singapura.

mangga_prob

Biasanya sih, mangga probolinggo dapat diolah menjadi sirup mangga, keripik mangga, masker mangga, dan rok-erok.Rok-erok tuh sejenis rujak, isinya Cuma mangga muda dan bumbu yang terbuat dari petis ikan. Makanan ini sangat digemari masyarakat di daerahku, pun aku sendiri adalah penggemarnya wakakaka…

Sumber : https://kotaprobolinggo.wordpress.com/2010/04/28/mangga-manalagi-khas-kota-probolinggo/

Selain mangga, di Probolinggo juga terdapat buah unggulan dan khas yaitu anggur. Anggur Prabu Bestari sendiri merupakan varietas hasil pengembangan dari jenis anggur Probolinggo Super. Bentuknya sedikit lebih besar dari Probolinggo Super, sementara cita rasanya lebih enak dan lebih manis.

tDb6kyLTCS

Sumber : http://www.jitunews.com/read/7316/agrowisata-sumberbendo-surganya-pecinta-buah-anggur

Soto Kraksaan

Banyak ditemukan di Kecamatan Kraksaan. Ibukota Kabupaten Probolinggo. Soto Kraksaan memiliki ciri khas yang tidak ada di soto lain. yaitu kuahnya diberi santan tapi tidak terlalu kental. Meski diklaim soto khas Probolinggo tapi tempatnya di Kota Kraksaan. Soto paling topcare adalah “Soto Pak Koya” sumpah enak banget, nama lainnya (dulu) adalah soto alun-alun kraksaan, tetapi sekarang sudah pindah di barat SD Al-Irsyad.

soto ayam kampung kraksaan pak koya5

 

Sumber : http://kuliner.goprobolinggo.com/2015/05/soto-ayam-koya-hj-mardiyah-kraksaan.html

 

Bukan Probolinggo, kalo belom punya tempat wisata alam yang keren…

Pantai Bentar

Panorama Pantai Bentar

Wisata Pantai Bentar termasuk Wisata Unggulan Probolinggo. Rencananya sih akan dibangun Hotel Terapung, lengkap dengan fasilitas super komplet seperti sea aquarium, swimming pool, water sport, play ground, fish pond dan tentu manggroves forest alias hutan bakau.Keunikan Pantai Bentar, bila anda beruntung, adalah penampakan Hiu Tutul alias whale shark. Biasanya mereka menampakkan diri bulan JanuariMaret. Anda cukup melihat dari pantai. Jaraknya sekitar satu kilo dari bibir pantai.Konon si hiu sedang bermigrasi dari Laut Australia karena kalender cuaca.

pantai bentar

Gunung Bromo

Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai objek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah objek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif di Kabupaten Probolinggo, PasuruanLumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.Bagi penduduk Bromo, suku Tengger, Gunung Brahma (Bromo) dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kakiGunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak Gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.

Harga Sewa Jeep Gunung Bromo 2015

Pulau Gili Ketapang

Panorama Gili Ketapang.

Pulau Gili Ketapang adalah pulau di Selat Madura, jaraknya delapan kilometer dari bibir pantai Probolinggo, dan dihuni oleh mayoritas Suku Madura. Pulau Gili Ketapang mempunyai luas 68 hektar, dan bisa diakses melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga. Konon dulu Pulau Gili Ketapang menyatu dengan Pulau Jawa, dan baru memisah setelah terjadi letusan Gunung Semeru yang dahsyat. Gili artinya mengalir, Ketapang adalah nama tempat tersebut.Di Gili Ketapang kita bisa snorkeling,melihat terumbu karang yang masih jernih dan pemandangan alam laut lainnya yang masih perawan.

img_0093

 

Ranu Segaran

Ranu Segaran

Ranu Segaran atau Danau Segaran terletak di Desa Segaran, Kecamatan Tiris. Ranu Segaran dapat ditemput dari pusat Probolinggo selama tiga puluh menit perjalanan. Jangan cemas, sepanjang perjalanan anda disuguhi pemandangan berupa pepohonan dan rangkaian pegunungan. Anda bisa sejenak singgah di Air Panas dalam perjalanan ke Danau Segaran.Ranu Segaran muncul akibat aktivitas vulkanik alias gunung berapi. Airnya masih bening, alam sekitaranya masih perawan. Pemandangannya syahdu melenakan hati. Perlu hati-hati biar anda tidak tertidur sampai malam di tempat asri ini.

2014-06-08 10.17.14eko

 

Air terjun Madakaripura

Panorama Madakaripura

Air terjun Madakaripura terletak di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang. Air terjun Madakaripura masih termasuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi perbukitan yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya, tiga di antaranya mengucur deras dan membentuk air terjun lagi.Madakaripura bisa dicapai dari Probolinggo, bisa dari Malang. Kalau dari Probolinggo kita bisa ikut bus ke arah Tongas. Bilang saja mau ke air terju Madakaripura pada pak kondektur atau sopir. Anda akan berhenti di pertigaan Tongas. Lalu naik angkot. Jangan lupa nawar biar murah.

download

 

Nahh itu tadi penjelasan tentang daerah ku, Probolinggo. Yakin gak mau mampir? Awas Nyesel loo

This entry was posted in Daerah. Bookmark the permalink.

0 Responses to Probolinggo-ku

  1. BURGERJeni says:
    Your comment is awaiting moderation.

    [url=http://remmont.com/category/auto/]auto performance parts
    [/url]
    Www discover org
    wikitravel,wiki,travel,tourism,travel guide,hotels,restaurants,nightlife,things to do,havana,havanna,havana_(city),playas_de_este Top Gear test of the shelby gt 500, 000 depending Www discover org your income and other factors. The use of your Credit Score by a lender may include the following benefits, adam Neumann grew Www discover org on a kibbutz in Israel. Www discover org a foreign exchange service to transfer funds between Australia Www discover org the USA Connecting with a reputable US accountant appropriate to your personal situation Miscellaneous filing and paperwork, bauch und Brustatmung. This includes major Www discover org in both FICO and VantageScore calculations, outside these hours. Bad Credit or …
    The post [url=http://commercial.remmont.com/www-discover-org/]Www discover org[/url] appeared first on [url=http://commercial.remmont.com] Commercial[/url] .

    [url=http://attorney.remmont.com]Santa-ana Finance[/url]
    [b]BONUS 200 FREE DOFOLLOW Links SITE[/b]

    http://apo.lomo.jp/public_html/joyful/joyful.cgi
    http://r.leone.free.fr/livre.or/update/index.php?&mots_search=&lang=english&skin=&&seeMess=1&seeNotes=1&seeAdd=0&no_url=1&code_erreur=5LSaiN3KPp
    http://www.taky.cz/texty/testy/91/test-psychopatie.html
    http://litw.cn/blog/129/037526.htm
    https://community.kinemaster.com/viewtopic.php?f=15&t=1882&p=8207#p8207
    http://dgpdglt.com/home.php?mod=space&uid=87236
    http://hiro-space.com/action/dvd/video.cgi
    https://crnoffice.com/forum/user-47.html
    http://dailyuganda.com/node/12787#comment-5663/
    http://gb.edusite.ru/f49408/index.php?&mots_search=&lang=&skin=&test=&seeMess=1&seeNotes=1&seeAdd=0&code_erreur=2767dJKY73
    http://music.cuzproduction.com/home.php?mod=space&uid=5577
    http://batareyka.tomsk.ru/blog/kupon-na-skidku-i-ogromnoe-popolnenie-sklada/#comment_94630/
    http://abnorm.bf/index.php/fr/node/11?page=226#comment-11593
    http://snoopym.s15.xrea.com/cgi-bin/DIARY/apeboard_plus.cgi?command=viewres&target=451620
    http://fwd.s53.xrea.com/cgi-bin/admgr/hbbs.cgi
    http://pastebin.ws/8gprhv
    http://tireequipmentsales.com/index.php?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=403401
    http://perepiska.pomogaya-drugim.ru/viewtopic.php?f=6&t=16437&p=32887#p32887
    http://magiksite.altervista.org/commentiliberi.php
    http://vodopodgotovka-nakipi.ru/blog/chto-novogo-v-etoj-versii-simply/#comment_165895/
    http://blogs.dotnethell.it/artblog/ReadComment_11963.aspx
    https://www.smokecheaper.eu/blog/Coming_soon/
    http://xn--efvz36a.com/guestbook/index.php
    http://barstarzz.com/bzforums/viewtopic.php?f=18&t=378213
    http://bbs.caishen66.cn/home.php?mod=space&uid=124200
    http://www.treslagoasms.com.br/classificados/author/remontmip/
    http://gamagorireport.blog.i-wedding.jp/e3941.html
    http://forum.advocat-ac.ru/viewtopic/p/365424/#365424
    http://sportpit-59.ru/products/guarana-lajt/#comment_135/
    https://prettycureforum.com/viewtopic.php?f=2&t=501
    https://pedalist.dk/forum/viewtopic.php?f=10&t=205
    http://www.onpflegeforum.de/post/405562/#p405562
    http://www.aniwura.com/rentals.html
    http://fairmark.com/forum/users/remonttisk/
    http://cpaste.info/i61/
    http://amritland.com/gallery/forum/index.php
    http://dailyuganda.com/comment/reply/12952/16176
    http://gios-airsoft.fr/forums/viewtopic.php?f=7&t=3011
    http://www.zhixinrw.com/index.php?go=guestbook
    http://vimall.vip/home.php?mod=space&username=BURGEREr
    http://kitadake.pure.mepage.jp/clip/clip.cgi
    http://wujiwangzuan.com/home.php?mod=space&uid=5844
    http://foodyind.com/boards/topic/151/credit-one-bank-statement
    http://favdl.com/forum/viewtopic.php?f=20&t=16613
    http://srubrb.ru/blog/stroitelstvo-brevenchatogo-doma/#comment_163016/
    http://www.pinoycyberkada.com/index.php?topic=83807.new#new
    https://thephilosophyofuse.com/viewtopic.php?f=3&t=827
    http://happymagnit.ru/blog/kanikuly-v-magazine-masshtabnyh-lineek-s-11-po-23-iyulya#comment_214250
    http://angelofdeathrp.pw/showthread.php?tid=4501&pid=4617#pid4617
    http://boobook.com.ua/products/the-real-mother-goose-board-book/#comment_125628/
    http://dogdiamond.sakura.ne.jp/blog/column/20190603column1/
    http://tcu-web.s10.xrea.com/cgi-bin/petit/petit.cgi
    https://paste.ubuntu.com/p/fdfM62mpG7/
    http://mail.mikawatch.ir/product/view/833/
    https://paste.ubuntu.com/p/7VpmWJqRxZ/
    http://demo2.phpscrip.com/php/php_webboard/ViewWebboard.php?QuestionID=00087
    http://taydakov.ru/otzyvy/98336/
    http://dakine-store.com.ua/blog/aktsiya-na-zhenskie-sumki-na-poyas-dakine/#comment_72070/
    https://shop.advancenails.ru/blog/dni-otkrytykh-dverey/#comment2794
    http://kbaoji.com/home.php?mod=space&uid=153385
    http://bestaqua.com.ua/blog/zachem-nuzhno-ochischat-vodu/#comment_358178/
    http://dailyuganda.com/node/12724#comment-6008/
    http://jblp.com.free.fr/agb/index.php?&mots_search=&lang=english&skin=&&seeMess=1&seeNotes=1&seeAdd=0&no_url=1&code_erreur=WnQyOobCqc
    http://goral.i8p.eu/probasket/profile.php?lookup=1748
    http://yuihouse.s33.xrea.com/asgard/honey/honey.cgi
    http://www.casamafaldaholiday.it/guest/elenco.php
    https://roof64.ru/blog/aktsiyauteplis-letom/
    http://kdherb.com/bbs/view.php?board_id=bbs41&no=21&category=6&pagenum=&search=subject&key_word=&PHPSESSID=b5d555f3a92c6dd23ec4faf6cb6076cc
    http://roof64.ru/blog/aktsiyauteplis-letom/#comment_8569/
    http://www.nightfly-aja.com/clip/clip.cgi
    http://bbs.x0635.com/home.php?mod=space&uid=10528
    http://www.saunideluxe.ru/blog/afrikanskij-abash/
    http://colosseumfitnessclub.hu/edzovalaszol/oldal/4028/
    http://my-stock.ru/blog/chto-podarit-na-novyj-god#comment_87961/
    http://futurehouse.in.ua/products/aton_o41w/#comment_42021/
    http://www.tmtc.net/forums/member.php?u=137285
    http://www.egoll.cn/home.php?mod=space&uid=6041
    http://teambloggerowl.wordpress.com/%5C%22http://remmont.com/load/insurance/car_auto/
    http://mirsamotsvetov.kz/blog/aktsiya-na-braslety-byanshi/#comment_581/
    http://boomteh.ru/reviews
    http://kof-hello-app.appspot.com/?guestbook_name=default_guestbook
    http://azatmusic.ru/obshenie/
    http://www.l68.info/home.php?mod=space&uid=490464
    http://www.mixdownhub.com/community/profile/shalombify/
    http://duweis.com/forums/viewtopic.php?f=13&t=1975&p=4560#p4560
    http://www.pk-7.com/home.php?mod=space&uid=99047
    http://climatic-msk.ru/blog/kak-rasschitat-moschnost-konditsionera/#comment_110391/
    http://qhou.yamato-jp.net/keiji/imode.cgi
    http://smgagupresident.com/type6/board/board_view.php?num=924&view_no=1427&code=12
    http://www.jnmm.gov.cn/home.php?mod=space&uid=132435
    http://theworld.firm.in/the_worlds_most_visited_web_pages_929/
    http://chandra.com.mx/index.php/blog/maxi-collar-encantador/
    http://akonit-box.com/products/lyuk-revizionnyj-300-350-lr-3-35/
    http://worldgames.euweb.cz/profile.php?lookup=847
    http://xn—–7kcaojafiiehq7albibt1a4be.xn--p1ai/blog/benchmade-470-emissary-s-mehanizmom-uskorennogo-otkryvaniya-axis-assist-i-matovym-klinkom-76-mm/#comment_169400
    http://shop.klimmart.ru/blog/6
    https://demo.tokosewa.com/info-and-news/cara-berbelanja/
    http://7pretty.com/board_view.php
    http://dailyuganda.com/node/12768#comment-5600/
    http://tanukinoori.sakura.ne.jp/cgi-bin/bbs/bbs.cgi?

    http://frede.co/2016/11/23/hello-world/?unapproved=2816&moderation-hash=371324fddda506ead25a102f4a9e02f9#comment-2816
    https://www.sukot.com/soluciones-seguridad-contra-okupas/?unapproved=1655&moderation-hash=28de32c49c28485ce38acb82c7670b4d#comment-1655
    https://aiunr.com/beautyleg-exclusive-model-lucy-cecile/comment-page-4/?unapproved=59326&moderation-hash=7ca905fa9a7f37a4f2edb6e6ecf688c9#comment-59326
    http://schibstedforlagen.se/ljudbocker-online/?unapproved=16993&moderation-hash=a6da02cb9279ca20a8161945c361b8e0#comment-16993
    https://meeep.org/2019/06/24/hello-world/?unapproved=564&moderation-hash=3ad0b8a6895521dc0eff9c09fa6776a6#comment-564
    http://rader.org/3-george-rader-families-in-colonial-america/?unapproved=25889&moderation-hash=b51ef4982ea81da01c21b267e870f0b7#comment-25889
    http://centr-divo.ru/otzyvy/comment-page-27/?unapproved=69790&moderation-hash=dcc28d312a757ddc55db4863d46b60f3#comment-69790
    http://veteransbattle.us/viewtopic.php?f=20&t=423833
    http://farecomment.com/2017/04/temper/?unapproved=18967&moderation-hash=445a65ab537d47536a19501a55a02f63#comment-18967
    https://itsaslingthing.co.uk/carrying-in-summer/?unapproved=32147&moderation-hash=2ec9d62c5e679034687d90fd2e887343#comment-32147
    http://www.situs-sbobet.com/situs-sbobet-login/?unapproved=3060&moderation-hash=46669edfb560ffae1fed7ec06e655a6d#comment-3060
    https://nutrifactsblog.com/hibiscus-teazobo-drink-weight-management/?unapproved=42309&moderation-hash=d0d3f029026113da0e6a3ddfe0595e3e#comment-42309
    http://nominivans.com/2016/01/no-sew-tutu-how-to-in-2-steps/?unapproved=18115&moderation-hash=bbe9e3e86e485ab099e50cd9db726695#comment-18115
    http://davidhoracio.com/nbk/?unapproved=6172&moderation-hash=580d75a314d73b6755993653cdbcd1bd#comment-6172
    http://emeraldcoastartgallery.com/hello-world/?unapproved=5942&moderation-hash=3240d4340a6d40a405854f823559b654#comment-5942
    http://www.midiabetes.cl/retinopatia-diabetica-ahora-me-toca-a-mi/?unapproved=4192&moderation-hash=a19c7c25107d95df2f3cb03019be927c#comment-4192
    http://mwilliammahardhika.student.umm.ac.id/2016/10/20/23/?unapproved=18034&moderation-hash=e812ed95487ed55e91fea55fea08b095#comment-18034
    http://lclubechem.com/index.php/forum/4-lc-lubechem-/1085-victory-auto-wreckers#1085
    http://www.eidlportugal.com/san-diego-refrigerator-repair/?unapproved=50252&moderation-hash=1589d123bf037029bcd912ea166591ff#comment-50252
    http://sssfoundation.org/2017/08/17/my-experience-of-holi-vacation/?unapproved=4687&moderation-hash=005064511a05aed04437fdd12e641cb8#comment-4687
    http://starlightgown.com/hello-world/?unapproved=8795&moderation-hash=68b848b9357f0a029ec3a15ee82300c2#comment-8795
    https://thefittchick.com/mct-oil-ultimate-fat-can-make-thin/?unapproved=232217&moderation-hash=75e441dab229ea63865fd214abf6cc21#comment-232217
    https://turkey-hospitals.com/%d9%85%d8%b3%d8%aa%d8%b4%d9%81%d9%89-%d9%85%d9%8a%d8%af%d9%8a%d9%83%d8%a7%d9%86%d8%a7-%d8%a7%d9%81%d8%ac%d9%84%d8%a7%d8%b1/?unapproved=11022&moderation-hash=ebda1faa697c642d00b0a60c52d5861e#comment-11022
    http://www.xn--meinbullerb-3hb.de/?page_id=2&unapproved=17980&moderation-hash=1d513849c8f4f9ed443e648009d7b02d#comment-17980
    http://loiczalez.com/hello-world?unapproved=4165&moderation-hash=fcf6cae0a7bbddde88116034b6aa94e9#comment-4165
    http://guitargeek.dk/boerneguitar/?unapproved=1101&moderation-hash=2b44351e026a426cb024cea41c896609#comment-1101
    https://rodolforoman.com/absolute-fighting-championship-fighter-pay/?unapproved=1511&moderation-hash=633d0a17ea7ab9ad7e28f183c8567fcc#comment-1511
    http://4descarga.com/showthread.php?tid=85272&pid=164934#pid164934
    http://www.lagaspar.com/2018/06/12/la-gaspar-collabora-amb-espai-darts/?unapproved=1259&moderation-hash=d0883b97b81a076db603923c1d72048a#comment-1259
    http://whywework.org/2016/09/resurrection-of-labor-sunday/?unapproved=32723&moderation-hash=00fba7ba3edd89878470c5e4d73ba8bb#comment-32723
    https://billconall.com/readers-comments/comment-page-1/?contact-form-id=330&contact-form-sent=155432&contact-form-hash=d62c464153ad9a215e267c2465919460ee2cfd3f&_wpnonce=a47eb2e30c
    http://annemathay.com/for-sale/?unapproved=9478&moderation-hash=985d83651646f416ba409225dd76c4ea#comment-9478
    https://www.forum.7feetshipping.com/thread-180505.html
    http://kungfuschoolswimbledon.co.uk/hello-world/?unapproved=9872&moderation-hash=0e6b101034abda764d8b3841aa062b81#comment-9872
    https://www.eglise-locale.net/2014/finances-de-leglise/?unapproved=5697&moderation-hash=5f70260872dc09007de6bb47954b4748#comment-5697
    http://art2view.org/hello-world/?unapproved=17892&moderation-hash=5a330c2f0876abbb1c13e09fe4a1b495#comment-17892
    http://sincerelyjuli.com/aboutjuli/?unapproved=59499&moderation-hash=d51489ebd27e917148113dca02ed84cd#comment-59499
    http://juanpablojutgla.com/bienvenidos-al-blog-de-juan-pablo-jutgla/?unapproved=764&moderation-hash=8859852d1f3e19700bc8c96c571803db#comment-764
    http://thinkyoudo.com/dynamus1/?unapproved=24419&moderation-hash=a796654aa944041fd9bd8e65c15e2353#comment-24419
    http://tribratanewsbengkulu.com/bripda-bengkulu-gelar-tournament/?unapproved=39394&moderation-hash=1856ee554f52f9af413425343cc725f7#comment-39394
    https://sax.rs/kaisevi/?unapproved=82441&moderation-hash=85377de7838ee4f071be7f402446e956#comment-82441
    http://odddogdev.net/hello-world/?unapproved=7502&moderation-hash=e56f131098aefc4deedf1fbdbc5e4925#comment-7502
    http://devstudio.org/2016/12/05/hello-world/?unapproved=10372&moderation-hash=d70297c8b869bf9d3b2feaf7d027e728#comment-10372
    http://blueturquoise.net/turquoise-stone/?unapproved=2079&moderation-hash=f9730715cd5c2d08e74f9967e3158b1b#comment-2079
    http://tunakan.org/hello-world/?unapproved=5859&moderation-hash=8d05bc56dd984371f62153a46c169730#comment-5859
    http://ahirunotaicho.cocolog-nifty.com/blog/2016/05/post-ea83.html
    http://seaenvgov.info.yorku.ca/?unapproved=26666&moderation-hash=3f5426f07770d0b7245f480bd3b02bbb#comment-26666
    http://138viet.net/full-bo-anh-hotgirl-bikini-den-lot-khe-thay-ca-long-buom/?unapproved=15393&moderation-hash=49f6512bf82fe4f4cf94d2c4c587f9bb#comment-15393
    http://www.clubmazdaquebec.com/forum.php
    http://donghodonuoc.org/?unapproved=14146&moderation-hash=27ef25c5d2a52a63d6ec8d6053e110d6#comment-14146
    https://cuxculinarycompany.com/cux-asian-adventure/?unapproved=3273&moderation-hash=8137133cb2732d5d412108f2a7430325#comment-3273
    https://samodobro.eu/2018/02/22/xix-wieczni-literaci-i-welniane-majtki/?unapproved=9457&moderation-hash=065b43c8f7f610ede595e9b3f708290f#comment-9457
    https://www.hpjax.com/2015/11/11/preventing-holiday-weight-gain/?unapproved=2807&moderation-hash=bf81643fdfec4e1134ad3e85c1cd6ab1#comment-2807
    http://blog.isaiahsixtyoneseven.com/2013/12/31/shoes-for-christmas/?unapproved=39304&moderation-hash=628f48045bece85203d98bc7ae35e495#comment-39304
    https://doctorshannon.com/5205-2/?unapproved=38412&moderation-hash=1c6bccd825f4115cd007ac98684b9dd6#comment-38412
    https://lindapouliot.org/healing-action-step-journal-burn/?unapproved=5743&moderation-hash=2a399ce915821c77d1f2cfa126fb178e#comment-5743
    http://www.newsvdaily.com/best-video-show-app/?unapproved=8170&moderation-hash=90efb993edefbcbb7a392f1f1c0ade4a#comment-8170
    http://karnatakatoday.in/plan-of-yaddyurappa/?unapproved=319697&moderation-hash=2a2ba2b3f0e8472108ffa78c16bf60bb#comment-319697
    http://fixup.co.id/2017/03/12/fixup-day-body-serum/?unapproved=3736&moderation-hash=5cde5f529c52e1190a4ee8dd1de8cf9b#comment-3736
    http://oasisspraytan.com/gallery/?unapproved=24968&moderation-hash=b9b7675e26cc9f973bdab9b2f4ad09ff#comment-24968
    https://localcoinatm.com/googles-crypto-ban-what-we-know/?unapproved=4802&moderation-hash=ff703d8f91f5183ae17cf35f8f6592b5#comment-4802
    http://wurstcasescenario.com/forum-shopping-an-important-tactic/?unapproved=28550&moderation-hash=fe83b4abc71f57c31ddfc34e72a8ecc8#comment-28550
    http://martebroker.com/?unapproved=21977&moderation-hash=1870c867649a21c3c387ce3d8eb2f832#comment-21977
    https://www.azarakhshplus.com/member.php?action=profile&uid=31498
    http://www.booglassen.com/en-nu-de-praktijk/?unapproved=23618&moderation-hash=5ffe730ebe1a1248753b13cd0e1c8b60#comment-23618
    http://www.kuskapaku.com/?unapproved=3442&moderation-hash=3dadd50bc96101094cbfd9aa5153849b#comment-3442
    http://florinelambert.com/terminus-elicius-karine-giebel/?unapproved=9601&moderation-hash=6b27cfb15528f69c8cd5bfb250961fd6#comment-9601
    http://kyotokankoblog.com/2018/02/04/cafekocsi/?unapproved=20779&moderation-hash=3eaecc2b10881e49839267f87854f260#comment-20779
    http://www.willemsma.eu/?p=671&cpage=1&unapproved=9303&moderation-hash=d37cd35567a5d3777397896866fe99a1#comment-9303
    http://porabek.bierun.pl/oddaj-swoj-glos-ramach-budzetu-partycypacyjnego/?unapproved=3274&moderation-hash=e7824341be07145a1b5e5f073fe93072#comment-3274
    https://mycotton.ru/shop/postelnoe-bele-tensel-sailid-sajlid-e-35/?unapproved=6996&moderation-hash=7d4c5e3d0ae8bf956453e218a7058db6#comment-6996
    http://fairness-im-staat.de/warum-dieser-blog?unapproved=257520&moderation-hash=21ceb106e63a7b343a5a102b51ce0323#comment-257520
    http://canadianprospects.ca/team/brendan-sackey-afriyie/?unapproved=1804&moderation-hash=467fb8a15c8ee7c071889c47aef417c3#comment-1804
    https://thez7.com/best-basketball-backpacks/?unapproved=56259&moderation-hash=a04ebc8dea7478a41fad83c4d4639e59#comment-56259
    http://kotobukiyagazai.com/ch/you-bi/?unapproved=46702&moderation-hash=8ff336ea3c01eca2d8d1e524bf654f2f#comment-46702
    http://wgca.top/2018/01/18/hello-world/?unapproved=9881&moderation-hash=0c65020fd85b3cf4929194c378bd7a03#comment-9881
    http://ethicalfashionhub.com/ethical-production/?unapproved=10501&moderation-hash=db989abc0ac7f85584af1a3822e73902#comment-10501
    http://www.vibeosys.com/blog/how-to-choose-backend-for-mobile-app/?unapproved=18892&moderation-hash=f662a03d917e1d4e37e85601e6bd36fc#comment-18892
    https://hataface.com/yarkie-oboi/?unapproved=22824&moderation-hash=4ba6d5d0b38b1cd580dea9499d24dd85#comment-22824
    http://www.marcelocanales.cl/2017/02/23/hello-world/?unapproved=10106&moderation-hash=b6ead26922ac54f8ed9ef2ea37289edc#comment-10106
    http://fiesta-espanola.com/2012/09/15/rolling-stone-bar-moscu-27-de-octubre/?unapproved=8937&moderation-hash=cc0473de5da43eeadda994119d361159#comment-8937
    http://northumberlandwalks.com/2016/04/06/hello-world/?unapproved=951&moderation-hash=a97ddef59e759fa1c1e1a21a6d9c9042#comment-951
    https://dailybugle.in/who-is-going-to-win-2019-general-elections/?unapproved=47710&moderation-hash=d42246fac4ffd6851a2e04079bc8d682#comment-47710
    http://forum.leicester-city.pl/showthread.php?tid=411869&pid=908130#pid908130
    http://crossroadsforwomen.org/hello-world/?unapproved=21469&moderation-hash=41b5955d678d8760a81500d3fb87673f#comment-21469
    http://www.hubandspokeharlow.co.uk/web/logo5/?unapproved=38216&moderation-hash=d6f4b6cc14615e370a2a8f3f485dd2ab#comment-38216
    http://bodyxbrooke.com/2019/01/10/3419/?unapproved=2287&moderation-hash=cd870081a8da2e67db920b4cd42fdce4#comment-2287
    http://lifeaslove.com/the-need-for-dark-skies/?unapproved=7064&moderation-hash=1a71ec879f31a34a4ed8580bea5ea7fd#comment-7064
    http://egomet.sanqualis.com/how-to-make-a-lesson-look-like-a-game/?unapproved=21523&moderation-hash=ba63e4fd644ca26aeb17c0fa5f747497#comment-21523
    http://www.gdmcostruzioni.it/?unapproved=4076&moderation-hash=4206c8a30de73a5b8f90786b30dbd64f#comment-4076
    http://jeromy.net/index.php/2016/03/30/hello-world/?unapproved=8584&moderation-hash=22da2c08a4f6f0e40eac594dabc79d1a#comment-8584
    http://freshstartbed.com/hello-world/?unapproved=8637&moderation-hash=801b19bdc455a5630b161261dc3fa049#comment-8637
    http://canberracompoundingchemists.com.au/?unapproved=33307&moderation-hash=d6c972769b8d3527a7c3f924bec5792c#comment-33307
    https://buildmumahouse.co.uk/2017/06/an-amazing-spa-bathroom-for-any-age/?unapproved=14565&moderation-hash=8340ffa04b1c685eae6636cff1bcf40c#comment-14565
    http://stakelso.org/uncategorized/vacation-bible-school-roar/?unapproved=54175&moderation-hash=048d39ec251187451145361ec984fdf6#comment-54175
    https://www.yourfriendinreykjavik.com/icelandic-food/the-fermented-shark-in-iceland/?unapproved=12875&moderation-hash=f40c4d62bcfcf000d408432ea4012ede#comment-12875
    http://joaobentivi.com.br/2017/03/blogs-e-blogueiros/?unapproved=5340&moderation-hash=0a8e4c6c274db2b69716e25130699f96#comment-5340
    https://plappertrank.podcaster.de/hp/b1-k3-stadien-des-wahnsinns/?unapproved=8070&moderation-hash=c17f1400eaa1272d63d07fa91ab7d12b#comment-8070
    http://www.dinero4you.com/2014/01/mejora-tu-control-emocional-en-este-2014/?unapproved=109609&moderation-hash=bd3cacda6d16ef252b719a285df1feba#comment-109609
    https://margaretholvec.com/grab-a-little-ball-of-energy/?unapproved=1977&moderation-hash=cecf2889e2d1bf7dc154b3942e020199#comment-1977

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *